Skip to main content

MEMBUAT PROGRAM APLIKASI KALKULATOR SEDERHANA MENGGUNAKAN DELPHI



MEMBUAT PROGRAM APLIKASI KALKULATOR SEDERHANA
Kali ane mau berbagi program aplikasi kalkulator sederhana, langsung aja yahhh….
Pertama saya menggunakan Delphi 2010
Kedua saya memasangkan Alpha Controls Delphi (versi 7.12) supaya tampilannya kayak dibawah ini kaga’ standar.
Ketiga lanjut codingnya :!
Label ada 4, Edit text ada 3, dan button ada 7.
A.      Tampilan Formnya
-         

B.      Source Code Button Tambah
procedure TForm1.tambahClick(Sender: TObject);
begin
  bilpertama := strtofloat(bilsatu.text);
  bilkedua := strtofloat(bildua.Text);
  hasil.Text := floattostr(bilpertama + bilkedua);
end;
C.      Source Code Button Kurang
procedure TForm1.kurangClick(Sender: TObject);
begin
  bilpertama := strtofloat(bilsatu.text);
  bilkedua := strtofloat(bildua.Text);
  hasil.Text := floattostr(bilpertama - bilkedua);
end;
D.      Source Code Button Bagi
procedure TForm1.bagiClick(Sender: TObject);
begin
  bilpertama := strtofloat(bilsatu.text);
  bilkedua := strtofloat(bildua.Text);
  hasil.Text := floattostr(bilpertama / bilkedua);
end;
E.       Source Code Button Kali
procedure TForm1.kaliClick(Sender: TObject);
begin
  bilpertama := strtofloat(bilsatu.text);
  bilkedua := strtofloat(bildua.Text);
  hasil.Text := floattostr(bilpertama * bilkedua);
end;
F.       Source Code Button Pangkat
procedure TForm1.pangkatClick(Sender: TObject);
begin
  bilpertama := strtofloat(bilsatu.text);
  hasilnya := sqr(bilpertama);
  hasil.Text := floattostr(hasilnya);
end;
G.     Source Code Button Reset
procedure TForm1.sButton6Click(Sender: TObject);
begin
  bilsatu.Text := '';
  bildua.Text := '';
  hasil.Text := '';
end;
H.      Source Code Button Close
procedure TForm1.sButton7Click(Sender: TObject);
begin
  close;
end;
I.        Source code Off Resize
procedure TForm1.FormCanResize(Sender: TObject; var NewWidth,
  NewHeight: Integer; var Resize: Boolean);
begin
  resize := false;
end;

J.        Source code untuk Keseluruhan form1
unit Unit1no1;

interface

uses
  Windows, Messages, SysUtils, Variants, Classes, Graphics, Controls, Forms,
  Dialogs, StdCtrls, sEdit, sButton, sLabel, sSkinManager;

type
  TForm1 = class(TForm)
    sLabelFX1: TsLabelFX;
    sLabelFX2: TsLabelFX;
    sLabelFX3: TsLabelFX;
    sLabelFX4: TsLabelFX;
    tambah: TsButton;
    kurang: TsButton;
    bagi: TsButton;
    kali: TsButton;
    pangkat: TsButton;
    sButton6: TsButton;
    sButton7: TsButton;
    bilsatu: TsEdit;
    bildua: TsEdit;
    hasil: TsEdit;
    sLabelFX5: TsLabelFX;
    sSkinManager1: TsSkinManager;
    procedure tambahClick(Sender: TObject);
    procedure kurangClick(Sender: TObject);
    procedure bagiClick(Sender: TObject);
    procedure kaliClick(Sender: TObject);
    procedure pangkatClick(Sender: TObject);
    procedure sButton6Click(Sender: TObject);
    procedure sButton7Click(Sender: TObject);
    procedure FormCanResize(Sender: TObject; var NewWidth, NewHeight: Integer;
      var Resize: Boolean);
    procedure FormCreate(Sender: TObject);
  private
    { Private declarations }
  public
    { Public declarations }
  end;

var
  Form1: TForm1;
  bilpertama, bilkedua, hasilnya : real;

implementation

{$R *.dfm}

procedure TForm1.bagiClick(Sender: TObject);
begin
  bilpertama := strtofloat(bilsatu.text);
  bilkedua := strtofloat(bildua.Text);
  hasil.Text := floattostr(bilpertama / bilkedua);
end;

procedure TForm1.FormCanResize(Sender: TObject; var NewWidth,
  NewHeight: Integer; var Resize: Boolean);
begin
  resize := false;
end;

procedure TForm1.FormCreate(Sender: TObject);
begin

end;

procedure TForm1.kaliClick(Sender: TObject);
begin
  bilpertama := strtofloat(bilsatu.text);
  bilkedua := strtofloat(bildua.Text);
  hasil.Text := floattostr(bilpertama * bilkedua);
end;

procedure TForm1.kurangClick(Sender: TObject);
begin
  bilpertama := strtofloat(bilsatu.text);
  bilkedua := strtofloat(bildua.Text);
  hasil.Text := floattostr(bilpertama - bilkedua);
end;

procedure TForm1.pangkatClick(Sender: TObject);
begin
  bilpertama := strtofloat(bilsatu.text);
  hasilnya := sqr(bilpertama);
  hasil.Text := floattostr(hasilnya);
end;

procedure TForm1.sButton6Click(Sender: TObject);
begin
  bilsatu.Text := '';
  bildua.Text := '';
  hasil.Text := '';
end;

procedure TForm1.sButton7Click(Sender: TObject);
begin
  close;
end;

procedure TForm1.tambahClick(Sender: TObject);
begin
  bilpertama := strtofloat(bilsatu.text);
  bilkedua := strtofloat(bildua.Text);
  hasil.Text := floattostr(bilpertama + bilkedua);
end;

end.

SILAHKAN KOMEN YAHH.. DAN BAGIKAN UNTUK BERAMAL.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Instal Adobe Premiere Pro CC Terlengkap !!!

Muhammad Najamuddin Okay, now open your computer and then please connection to Internet ! Program Instal_Adobe_Premiere_Pro_CC; Begin         clrscr;        Writeln ('Buka Adobe Primiere Pro CC Installer Anda');        Writeln ('Maka akan muncul seperti di bawah ini !');        Writeln ('Ikuti langkah2nya sesuai instruksi dari gambar di bawah ini');                      writeln ('Jika semua udah selesai, maka selesami sudah');                     writeln ('Sekarang kita gunakan aplikasi ini dan menjadilah seorang desain yang bisa bermanfaat                                 bagi masyaratat');                   writeln ('Maaf jika ada kekurangan, dan hargailah karya orang lain dengan menjadikan salah satu                                motivasi bagai diri Anda');                    readkey; end. SEMOGA SUKSES KAWAN SEMOGA MASA DEPANMU CERAH DON'T

Program C++ menghitung banyak element yang di Input

Kali ini ane mau ngeposting salah satu dari program yang ane dah buat yaitu program menghitung banyak element yang kita input kemudian Jumlah datanya, Rata-ratanya, Terkecil, dan Terbesar.. semoga bermanfaat yah.. jgn cuma ngopas tapi pelajari tiap codenya yah broo... bagi ilmuu yuukkkk.... shared juga yoo kalau perlu... :) #include <iostream> #include <conio.h> int main () { int a = 0; int i; int sum = 0, max = 0, min = 0; int *p; cout << "Banyaknya element yang akan diinput :"; cin >> a; p = new int[a]; if (!p)     cout<<"Alokasi tidak berhasil \n"; else { int data[100]; for(i=0; i<a; i++) { cout << "Input element ke "; cout << i+1; cout << " : "; cin >> p[i]; } cout << "\n data yang anda masukan adalah "; max = min = p[0]; for(i=0; i<a; i++) { cout << p[i] << ','; sum = sum + p[i]; if (max < p[i]) { max = p[i];

PEMBANGKIT LISTRIK DI DAERAH SIAP MENUJU INDONESIA LEBIH MAJU (PLTU Jeneponto-Sulsel)

PEMBANGKIT LISTRIK DI DAERAH SIAP MENUJU INDONESIA LEBIH MAJU Sulawesi Selatan kini telah memiliki pembangkit listrik tenaga uap atau PLTU, tepatnya di Desa Punagaya, Jeneponto, Sulawesi Selatan. Telah dibangun sejak tahun 2012, lima tahun yang lalu hingga sekarang sudah sampai pada tahap unit III dan merupakan proyek yang dibangun di daerah kabupaten saya dan sekaligus tempat saya Praktek Kerja Lapangan. PLTU adalah proyek yang dipegang oleh PT Bosowa Energi yang merupakan anak usaha Bosowa Bersama PT SSP (Sumber energi Sakti Prima) yang mengoperasionalkan PLTU Jeneponto. PLTU Jeneponto tahap pertama dibangun dengan nilai investasi sekitar US$250 Juta. Dengan adanya PLTU ini maka mampu berkontribusi dalam pembangunan di Sulawesi Selatan, khususnya pada masalah ketersediaan energi listrik. “Bosowa mengambil bagian luar biasa, jika semua orang memiliki kemapuan untuk membangun daerahnya dengan baik, maka Sulsel akan menjadi provinsi yang semakin baik di nasional,” kata Syahru